Minggu, 19 Juni 2011

bab 2

dalam bab ini saya akan membahas tentan konsep IPTV, layanan IPTV

KONSEP IPTV
IPTV adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengirim layanan televisi digital kepada konsumen yang terdaftar sebagai subscriber dalam sistem tersebut. Pengiriman sinyal digital televisi tersebut memungkinkan diselenggarakan dengan menggunakan Internet Protocol melewati sebuah koneksi broadband yang digunakan dalam sebuah jaringan dengan kualitas yang lebih baik daripada akses internet publik dengan tujuan agar kualitas pelayanan terjamin. Fokus utama dari layanan ini adalah layanan siaran televisi dan video, salah satu nilai tambah layanan IPTV adalah layanan internet seperti akses web dan layanan telefoni seperti VoIP (Voice over Internet Protocol) yang bila layanan-layanan itu diakses sekaligus disebut sebagai Triple Play.
Saat ini IPTV sedang menjadi pembicaraan hangat di seluruh dunia. Pemberitaan media massa ialah kelebihan dari beberapa layanan yang dapat disajikan oleh IPTV dimana dengan layanan IPTV kita bisa menerima layanan televisi dan video disamping layanan-layanan multimedia lain dengan memanfaatkan koneksi berbasis IP.
Perlu diingat bahwa IPTV tidak seperti program televisi broadcast biasa yang menggunakan internet, tetapi lebih dari itu dimana IPTV merupakan sistem yang tertutup serta siaran atau tayangannya berhak paten yang mirip dengan layanan TV kabel. Namun perbedaannya pengiriman IPTV dibuat lewat kanal-kanal berbasis IP yang cukup aman.
Layanan IPTV di-deliver oleh provider dengan menggunakan basis IP melalui koneksi broadband dengan alokasi bandwidth yang dedicated. IPTV terlihat jelas berbeda dengan video internet dimana video internet menyediakan layanan dalam menonton video, seperti preview film dan webcam. Layanan ini sering disebut best effort oleh penyedia jasa internet yang tidak memiliki servis manajemen back-to-back dengan pertimbangan-pertimbangan kualitas layanannya. Sedangkan layanan IPTV lebih luas, user friendly, interaktif serta di-deliver dengan teknologi DSL (Digital Subscriber Line) berkecepatan tinggi, seperti ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), ADSL2+ dan VDSL (Very High Data Rate Digital Subscriber Line). Tentu saja hal ini menawarkan nilai tambah serta menciptakan peluang bagi industri penyedia layanan telekomunikasi. Oleh sebab itu IPTV memberi jalan kepada para provider dalam berpartisipasi dan menyediakan efisiensi pada pasar Triple Play (suara, video, dan internet) Minimal 4 tipe layanan yang harus didukung oleh IPTV, yaitu [9]: live TV, VoD (Video on Demand), TSTV (time-shifted TV) dan PVR (Personal Video Recording).

2.2 DISTRIBUSI PROGRAM IPTV
Gambar 2.1 dibawah ini menunjukkan bagaimana suatu sistem televisi berbasis IP dapat digunakan oleh pengguna untuk mengakses ke beberapa sumber media yang berbeda. Diagram ini menunjukan bagaimana suatu televisi terhubung dengan Set Top Box (STB) yang mengkonversi video IP ke dalam sinyal televisi standar. STB merupakan gateway ke sistem switching video IP.
ontoh ini menunjukkan bahwa sistem switched video select (SVS) membolehkan pengguna melakukan koneksi dengan berbagai tipe sumber media televisi termasuk di dalamnya kanal jaringan broadcast dan movies on demand. Ketika pengguna menginginkan untuk mengakses sumber-sumber media tersebut, perintah-perintah pengendalian (biasanya dimasukkan oleh pengguna dengan

remote control televisi) dikirim ke SVS dan kemudian SVS menentukan sumber media yang diinginkan oleh pengguna untuk berkoneksi. Diagram diatas menunjukkan bahwa pengguna hanya membutuhkan satu kanal video ke SVS untuk mempunyai akses ke sejumlah sumber video tak terbatas secara virtual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar