Minggu, 19 Juni 2011

bab 2

kelanjutan bab 2
mengenai/membahasa tentang arsitektur IPTV serta Protokol IPTV

Diantara kelima kelompok fungsi arsitektur IPTV, Content Operation, Service Operation & Management, Media Distribution & Delivery bisa diimplementasikan oleh satu pihak dari rantai nilai secara terpisah, Content Operation diimplementasikan oleh CP (Content Provider), Service Operation &
Management oleh SP (Service Provider) dan Media Distribution & Delivery oleh network operator. Tetapi pada prakteknya, satu pihak pada rantai nilai juga bisa mengimplementasikan lebih dari satu fungsi, misalnya network operator bisa mengimplementasikan dua fungsi sekaligus yaitu fungsi Service Operation & Management dan fungsi Media Distribution & Delivery.

PROTOKOL
Video content pada dasarnya merupakan sebuah stream transport MPEG-2 atau MPEG-4 yang dikirim melalui IP Multicast pada kasus live TV atau melalui IP Unicast pada kasus Video on Demand. IP Multicast adalah suatu metode dimana informasi dapat dikirim ke banyak user pada saat yang sama. Codec H.264 yang di-release lebih baru (MPEG-4) digunakan untuk menggantikan MPEG-2 yang lebih tua.
Protokol standar yang digunakan dalam sistem berbasis IPTV adalah: [1,7]
IGMP versi 2 untuk live TV
RTSP untuk VoD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar